Mengenal Support dan Resistance Dalam Trading Saham

panduaninvestasi.com – Dalam melakukan trading saham, salah satu indikator dalam analisis teknikal yang harus anda gunakan adalah bagaimana menentukan support dan resistance sebuah saham. Hal ini merupakan sebuah keharusan dan bersifat wajib karena indikator tersebut bersifat mutlak. Untuk lebih jelasnya mengenai support dan resistance serta bagaimana cara efektif menemukan support dan resistace sebuah saham, mari kita bedah..

Support adalah batas bawah harga sebuah saham yang wajib anda kontrol dan pertahankan ketika membeli sebuah saham. Istilah nya support itu adalah fondasi dasar dari suatu harga saham yang mana ketika anda membeli sebuah saham, harga support atau fondasi ini jangan sampai tertembus ke bawah. Jika support ini berhasil tertembus kebawah, maka akan muncul potensi bahwa harga akan terus mengalami penurunan.

Resistance adalah harga atas atau target harga yang ingin anda capai ketika membeli sebuah saham. Jika diibaratkan sebuah bangunan. Jika support adalah fondasi dasarnya, maka resistance adalah atap dari bangunan tersebut. Jika harga sebuah saham telah berhasil menembus resistance tersebut, maka resistance tersebut akan menjadi support kedua, dan anda perlu menarik garis resistance baru sehingga akan memunculkan fondasi baru dan atap yang baru.

Lalu akan timbul pertanyaan, “Bagaimana cara menentukan support dan resistance?‘. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka penulis akan memberikan contoh dengan gambar dibawah ini

panduaninvestasi.com

Untuk menetukan support dan resistance sebuah saham, anda harus bisa menghubungkan titik titk dari sebuah candle harga saham. Dua atau tiga titik yang secara horizontal berada pada posisi yang sama akan membentuk sebuah garis lurus horizontal yang akan menjadi support atau resistance secara horizontal.

Begitupun dengan dua atau tiga titik candle sebuah saham yang digabungkan secara vertikal, maka akan membentuk support atau resistance secara vertikal.

Dengan menentukan support dan resistance sebuah harga saham, maka akan mempermudah anda menemukan timing kapan harus membeli dan kapan harus menjual saham tersebut. Kedua indikator ini sangat membantu diluar indikator lain tentunya. Dengan anda mempelajari bagaimana cara menghubungkan titik titik yang disatukan sehingga membentuk sebuah garis yang nantinya akan menjadi garis support dan garis resistance, sejatinya anda satu langkah telah membuka gerbang pengetahuan untuk bisa mempelajari indikator lain dalam analisis teknikal.

Bagaimana ? Simple kan cara menarik garis support dan resistance.. Sekarang tugas anda adalah mencoba menemukan support dan resistance sebuah saham dengan cara anda menarik garis tersebut…!

 

 

 

Penulis : Oktommy Putra

www.panduaninvestasi.com – partner your investment

 

 

 

Tinggalkan komentar