Gunakan Ini Supaya Anda Sukses Dalam Trading Saham

panduaninvestasi.com – Trading saham merupakan pengaplikasian dari beberapa metode yang digunakan dalam pengambilan keputusan beli atau jual sebuah atau beberapa saham dengan target jangka pendek atau jangka menengah. Umumnya kebanyakan orang menyebut dengan istilah “Fast Trade dan Swing Trade“.

Kedua istilah ini sebenarnya sama cuma yang membedakan adalah jangka waktu untuk menjual sahamnya dan jenis saham yang digunakan. Fast Trade umumnya digunakan untuk trading saham saham dalam jangka waktu yang lebih sempit, ada dalam hitungan menit, jam atau beberapa jam tergantung dengan berapa persen keuntungan yang telah direncanakan sebelumnya, Umumnya jenis saham yang digunakan adalah saham bertipe second linier dan saham gorengan. Sedangkan untuk Swing Trade adalah metode trading saham yang digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama lagi, bisa dalam beberapa hari atau beberapa minggu, dan umumnya saham saham yang digunakan adalah saham bluechip terdiskon atau saham bluechip breakout atau saham second linier berfundamental bagus.

Untuk bisa sukses dan profit dalam pengaplikasian kedua metode ini, maka anda wajib menggunakan ” Trading Plan“. Apa itu trading plan dan bagaimana cara menggunakannya ?

Trading plan adalah sebuah catatan ringkasan planning yang anda susun sebelum membeli sebuah saham. Catatan ini berisi di area mana anda ingin membeli saham tersebut, berapa target price keuntungan yang akan anda peroleh, berapa support harga dari saham tersebut, dan yang tidak kalah penting untuk menemukan hal tersebut, anda wajib menggunakan analisis teknikal dan bandarmologi saham guna keakuratan trading plan yang telah anda susun.

Tanpa trading plan, anda bagaikan orang buta di pasar saham. Anda tidak tau kapan harus membeli, kapan harus menjual dan saham apa yang berpotensi menghasilkan profit. Trading plan ini merupakan kompas bagi anda untuk berlayar, berlayar untuk menemukan saham berpotensi menghasilkan keuntungan , dan dari sana anda bisa membuat analisa berdasarkan teknikal untuk menemukan kapan waktu yang tepat untuk membeli saham tersebut.

Bagi anda pemula, atau yang baru terjun dalam trading saham, pasti akan muncul pertanyaan di benak anda ” Bagaimana cara mengetahui teknikal saham sedangkan saya baru terjun disini ?” Pertanyaan pertanyaan seperti ini lumrah dan tidak salah, karena pada hakikatnya semua butuh proses dan guru selama pembelajaran tersebut. Langkah awal yang harus anda lakukan adalah perbanyak membaca buku tentang saham atau website edukasi saham, lalu bertanya kepada orang yang sudah berpengalaman di bidang tersebut, sambil anda membuat catatan analisis sendiri. Tanpa adanya action dan kemauan, maka akan sia sia anda mempelajarinya.

So, jangan lupa membuat trading plan anda,, semoga anda semua sukses dan profit dalam trading saham….

Penulis : Oktommy P

www.panduaninvestasi.com – partner your investment

Tinggalkan komentar