Cara Menjadi Investor Saham yang Cerdas

panduaninvestasi.com – Investor adalah orang atau sekumpulan orang yang menanamkan modalnya pada suatu bisnis dengan tujuan untuk mendapatkan hasil/return dalam jangka waktu tertentu, biasanya mereka yang bertipe Investor ini menghabiskan alokasi dananya pada bisnis tersebut dalam jangka waktu yang lama. Tujuannya cuma satu, “Uang Bekerja Untuk Saya“.

Lalu bagaimana cara untuk bisa sampai pada tahap Seorang Investor ini ? Jawabannya anda harus memulai dari hal yang simple, kecil, berkesinambungan tetapi menghasilkan secara terus menerus. Begitupun dengan Investasi saham, seseorang yang membeli saham atau berinvestasi pada instrumen saham, mereka ini adalah Investor karena mereka inilah yang memberikan modalnya kepada perusahaan yang mereka beli sahamnya untuk diputarkan ke bisnis yang menghasilkan. Dari bisnis perusahaan ini, mereka yang telah membeli saham tersebut akan mendapatkan keuntungan berupa pembagian dividen dan capital gain. Dua keuntungan ini bersifat pasti dan berkelanjutan dengan syarat perusahaan yang anda beli sahamnya adalah perusahaan yang memiliki rekam jejak yang bagus, mempunyai pertumbuhan laba yang bagus secara berkelanjutan dan dikenal oleh masyarakat luas.

Kemudian timbul pertanyaan, bagaimana cara untuk bisa menemukan perusahaan bagus tersebut ? Dalam hal ini anda jangan terlalu berfokus pada objek yang akan anda beli. Fokus pertama harus kepada subjeknya, fokus kepada diri anda karena bagaimanapun anda adalah tiang dan fondasi. Jika fondasi kuat maka dia bisa menahan beban seberat apapun. Mari kita balik pertanyaannya, bagaimana cara agar saya bisa menjadi Investor saham yang cerdas ? Jika anda sudah cerdas, anda bisa menemukan saham perusahaan bagus karena anda sudah memiliki ilmu, cara, metode untuk mencari jenis saham apa yang bagus untuk dijadikan sebagai investasi.

Untuk menjadi seorang investor saham yang cerdas, anda harus terbuka dengan wawasan baru, ini bisa anda dapatkan dengan membaca, bertanya atau konsultasi dengan mereka yang sudah berpengalaman di bidang tersebut. Karena bagaimanapun untuk menjadi cerdas dalam berfikir, anda membutuhkan sesuatu yang fresh yang bisa didapatkan dari orang lain.

Kemudian, anda harus berani mencoba. Jangan takut untuk mengambil keputusan beli atau jual terhadap suatu saham, jangan takut rugi ! Dalam belajar saham, salah satu guru terbaik adalah kerugian. Dari sana anda bisa belajar hal baru, cara berfikir baru memandang suatu saham, serta metode terbaru dari kerugian yang anda dapatkan. Bersyukurlah jika anda pernah rugi, karena sesungguhkan anda masih diberi kesempatan untuk bisa belajar lebih dan mendapatkan banyak pengalaman.

Untuk bisa menjadi investor saham yang cerdas, anda harus bisa membaca laporan keuangan perusahaan dari saham yang anda beli. Lalu akan timbul pertanyaan, saya kan bukan anak ekonomi ! saya tidak mengerti keuangan perusahaan ! Membaca laporan keuangan perusahaan tidak mesti anda baca dari awal sampai akhir, cukup anda mengetahui point point penting dari laporan keuangan tersebut, seperti perbandingan jumlah laba dari tahun ke tahun, bagaimana posisi total aset yang dimilikinya dari tahun ke tahun, berapa jumlah cash yang dimiliki perusahaan dari tahun ke tahun. Ini merupakan hal simple yang bisa anda lakukan. Syukur syukur anda bisa mengetahui tentang berapa nilai wajar harga sahamnya atau valuasi sahamnya. Sebenarnya jika anda rajin menemukan informasi seperti ini, anda bisa belajar dan mempraktekan secara langsung. Segala sumber ilmu dan informasi sudah sangat banyak, anda bisa belajar dari pakarnya atau dari internet. Semua peluang terbuka, tinggal bagaimana cara anda menyikapi peluang tersebut.

Sebuah pepatah klasik mengatakan bahwa ” Kesuksesan itu akibat akumulasi pertemuan antara peluang dengan kesempatan” . Peluang sudah didepan mata, kesempatan untuk belajar sudah ada, lalu apa lagi yang anda tunggu ! Mulailah dari sekarang…

Penulis : Oktommy P

www.panduaninvestasi.com – partner your investment

Tinggalkan komentar