Berapa Modal Ideal Untuk Investasi Saham ?

panduaninvestasi.com – Dalam berinvestasi saham, salah satu komponen terpenting yang harus kita pikirkan dan siapkan adalah modal. Kira kira seberapa modal ideal atau jumlah modal yang pas untuk berinvestasi saham ? Tentu pertanyaan ini akan selalu terngiang di benak para pemula. Modal ideal untuk berinvestasi saham sebenarnya bisa dilihat dari dua perspektif yang berbeda yaitu dari sudut pandang anda sebagai Investor dan sudut pandang anda sebagai Trader.

Sebelum penulis membahas dari kedua sudut pandang tersebut, penulis akan mencoba memberikan sedikit gambaran mengenai investasi saham, apakah berinvestasi saham itu perlu modal yang banyak ? Ini pertanyaan yang sering bermunculan bagi pemula, sebenarnya wajar mengingat setiap orang berasal dari latar profesi yang berbeda. Ada dari kalangan mahasiswa atau dari kalangan pekerja dimana mereka mempunyai tingkat pendapatan yang berbeda pula.

Untuk berinvestasi saham, beberapa perusahaan sekuritas untuk pendepositan modal pertama hanya Rp 100.000 , ada juga sebagian perusahaan sekuritas mewajibkan para nasabah barunya untuk mendepositkan ke rekening dana nasabahnya (RDN) mulai dari 1.000.000 hingga 10.000.000. Semua itu tergantung di perusahaan sekuritas mana anda membuka dan membuat akun saham anda. Sebelum berinvestasi saham, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan survey terhadap perusahaan sekuritas, anda harus jeli melihat apakah perusahaan sekuritas ini legal secara hukum, berapa rupiah pendepositan modal awalnya dan berapa persen fee brokernya, semua ini wajib anda tanyakan sebelum membuka akun saham. Dan tak lupa juga yang perlu anda ingat bahwa pembuatan akun saham ini Gratisss…

Baiklah, mari kita masuk ke point pembahasan berapa modal ideal untuk berinvestasi saham ?

Bagi anda yang tertarik hanya sebagai Investor dan benar benar serius untuk berinvestasi saham, modal ideal yang harus anda siapkan sebesar Rp 1.000.000 – 10.000.000. Mengapa penulis memberikan angka tersebut ?  Angka tersebut merupakan angka ideal bagi seorang Investor yang serius dalam menekuni Investasi Saham, tidak hanya itu, jika anda mempunyai perhasilan rutin setiap bulannya, anda wajib menyisihkan sebanyak 20% dari penghasilan tersebut untuk membeli saham. Hal ini harus rutin dan berkesinambungan anda lakukan. Saham yang harus anda beli adalah saham yang anda ketahui perusahaannya baik dari status perusahaannya yang bonafit atau manajemen perusahaan yang baik serta berintegritas dan produknya tersebar di masyarakat.

Kemudian, dari sudut pandang anda sebagai Trader. Berapa modal ideal untuk membeli saham ? Jika anda sebagai Trader, modal ideal untuk membeli saham sebenarnya relatif, tergantung seberapa besar keinginan anda untuk mendapatkan profit ketika membeli saham. Jika anda menginginkan profit yang besar maka modal yang harus anda siapkan juga harus besar. Tapi yang harus anda ingat jika sebagai Trader, anda harus menerapkan Money Management yang ketat dan baik serta anda harus siap melakukan cutloss jika saham yang anda beli mengalami penurunan yang sangat signifikan. Semua itu tergantung dengan plan Trading yang anda buat sebelumnya.

Bagaimana ? Anda sebagai Investor atau Trader semua itu sama baiknya. Yang harus anda lakukan sekarang Memulainya ….

Penulis : Oktommy P

www.panduaninvestasi.com – partner your investment

Tinggalkan komentar