Saham Tambang dan Minyak Ini Boleh Anda Pertimbangkan

panduaninvestasi.com – Sesuai request dari pembaca mengenai saham tambang dan minyak. Pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan view saham tambang dan minyak yang menurut penulis menarik baik secara fast trade ataupun swing trade.

Beberapa rekomendasi saham tersebut adalah :

1. PT Elnusa Tbk (ELSA)

PT Elnusa Tbk dengan kode saham ELSA adalah perusahaan minyak dan gas terintegrasi yang mempunyai 3 segmen bisnis utama yaitu layanan minyak dan gas terpadu yang bergerak dalam layanan hulu, layanan pendukung dari hulu ke hilir yang bergerak dalam eksplorasi dan produksi minyak dan gas, layanan berbasis hulu dan kompetensi yang bergerak dalam bidang manajemen data, teknologi informasi dan telekomunikasi.

Pada penutupaan perdagangan saham terakhir, Jumat, (15/05/2020) saham ELSA ditutup menguat 0.5% ke level harga Rp 200. Lalu bagaimana prospek saham Ini kedepannya jika dilihat dari Analisis Fundamental, Analisis Teknikal dan Bandarmologi sahamnya..Mari kita bahas !

Secara fundamental dan prospek bisnis, perusahaan ini tergantung dengan harga minyak dunia, dimana core dan main bisnis nya memang berdasarkan trend kenaikan dan penurunan harga minyak dunia. Tapi jika dilihat dari Market Cap sebesar 1459.7 B dengan total Equity sebesar 3576.7 B artinya Saham ini secara valuasi berada di kisaran 0,41 x dimana harga saham ini masih dikategorikan saham undervalue.

Lalu bagaimana secara bandarmologi sahamnya ? Pada penutupan perdagangan jumat kemaren, Asing melakukan net sell sebesar 16.70 M. Net sell yang dilakukan asing ini masih dikategorikan aman dan tidak terlalu masif artinya masih ada potensi saham ini akan berbalik dengan pola akumulasi, hal ini tentu tergantung bagaimana kondisi intermarket dan respon Investor terhadap news yang beredar terutama bagaimana kondisi mengenai harga minyak dunia terkini.

Kemudian, bagaimana saham ELSA ini berdasarkan analisis teknikalnya, kapan kita harus buy, kapan harus hold dan kapan harus sell. Mari kita bahas …

panduaninvestasi.com

Secara teknikal saham Elnusa Tbk (ELSA) masih berada tepat diatas moving average 20 dengan sideways position kecenderungan minor uptrend ke level harga Rp218. Rekomendasi penulis terhadap saham ini adalah Buy di range harga Rp 190 – 204 dengan Target Price di level harga Rp 218 sebagai resistance pertama dan Rp 230 sebagai resistance kedua dengan Support harga Rp 190. Jika tembus dibawah Rp 190 disarankan cutloss untuk meminimalisir kerugian.

 

2. PT Aneka Tambang Tbk (ANTM)

PT Aneka Tambang Tbk dengan kode saham ANTM adalah perusahaan yang bergerak mulai dari kegiatan eksplorasi, penggalian, pemrosesan hingga pemasaran biji nikel, feronikel, emas, perak, bauksit dan pasir besi. Sekilas hal tersebut merupakan main dan core bisnis dari perusahaan ini.

Pada penutupan perdagangan terakhir, Jumat (15/05/2020) saham ANTM ditutup menguat 1% ke level harga Rp 520. Saham ini mempunyai Market Cap sebesar 12496 B dengan total Equity sebesar 18133.4 B artinya secara valuasi saham Aneka Tambang Tbk berada di kisaran 0.69 x dan masih berada dalam kategori saham Undervalue. Secara fundamental untuk investing, penulis menilai saham ini kurang cocok untuk dijadikan investasi jangka panjang mengingat fluktuasi kinerja laporan keuangannya yang belum stabil tapi untuk swing trade dan fast trade, saham ini boleh dijadikan pertimbangan bagi pembaca sekalian.

Secara bandarmologi saham, pada penutupan perdagangan saham terakhir terlihat pola akumulasi asing sebesar 5.40 B artinya saham ini sudah masuk incaran koleksi asing untuk diangkat harganya.

Kemudian bagaimana secara Teknikal dari saham Aneka Tambang Tbk ini, mari kita bahas…

panduaninvestasi.com

Secara teknikal, saham ANTM bergerak pada posisi terbatas dengan sideways position kecenderungan minor uptrend dengan volume yang cukup besar. Saham ini berpotensi mengalami kenaikan ke level harga terdekat Rp 550. Rekomendasi penulis terhadap saham ini adalah Buy di range harga Rp 490 -530 dengan Target harga di Rp 550 sebagai resistance pertama dan Rp 590 sebagai resistance kedua dengan Support harga Rp 490. Jika harga menyentuh dibawah Rp 490 disarankan cutloss untuk meminimalisir kerugian.

Nah sekian pembahasan mengenai saham tambang dan minyak yang bisa anda jadikan sebagai referensi untuk fast trade maupun swing trade.

Semoga bermanfaat, jangan lupa berinvestasi saham….

 

 

Penulis : Oktommy P

www.panduaninvestasi.com – partner your investment

 

Tinggalkan komentar