Manfaat Membeli Saham

panduaninvestasi.com РSaham adalah salah satu instrumen investasi yang paling menjanjikan di dunia. Sebagai salah satu instrumen investasi yang menjanjikan, membeli saham sebuah perusahaan akan memberikan keuntungan atau manfaat bagi individu atau institusi yang melakukannya. Dengan membeli saham, seorang individu atau institusi tersebut tidak harus bekerja di dalam perusahaan yang dibeli olehnya, cukup melihat bagaimana kinerja perusahaan tersebut secara fundamental yang tercermin di dalam laporan keuangan secara triwulan atau laporan audit keuangan tahunan. Didalam laporan keuangan tersebut akan tercermin bagaimana kinerja perusahaan  dari tahun ke tahun yang bisa kita jadikan sebagai rujukan ketika akan membeli saham suatu perusahaan.

Berikut beberapa manfaat atau keuntungan yang akan diterima jika membeli saham perusahaan, dimana membeli saham yang dimaksud adalah membeli saham saham perusahaan yang terdaftar atau listing di Bursa Efek Indonesia diantaranya :

1. Mendapatkan Dividen

Adakah diantara pembaca yang sudah mengetahui mengenai dividen ? Dividen merupakan pembagian keuntungan yang akan diperoleh oleh setiap Investor atas saham saham yang dimilikinya. Proporsi pembagian dividen tergantung dengan masing masing perusahaan ketika dibahas dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), ada perusahaan yang membagikan dividennya berdasarkan 40% dari laba yang diperoleh sehingga sisa 60% dijadikan sebagai modal kerja tahun berikutnya atau cadangan laba ditahan. Semua itu balik lagi pada kebijakan masing masing perusahaan. Nah yang harus kita ketahui bahwa jumlah dividen yang dibagikan tersebut berdasarkan lembar saham yang dimiliki. Sebagai contoh seseorang yang memiliki 50 Lot saham Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) ketika dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) diumumkan bahwa dividen yang akan dibagikan oleh Perusahaan sebesar 60% dari jumlah laba yang diperoleh. Setelah diumumkan maka rasio dividen yang diterima adalah Rp 200. Maka jumlah dividen yang akan diterima oleh orang tersebut adalah 50 Lot dikalikan 100 lembar lalu dikalikan Rp 200, sehingga jumlah dividen yang akan diterima sebesar Rp 1.000.000. Jumlah dividen yang diterima tersebut akan ditransfer otomatis oleh Perusahaan Sekuritas ke masing masing Rekening Dana Nasabah (RDN) yang berhak menerimanya.

2. Memperoleh Capital Gain

Dengan membeli saham. seseorang akan memperoleh manfaat berupa capital gain. Capital gain merupakan selisih antara nilai beli dengan nilai jual suatu saham, selisih inilah yang akan menjadi keuntungan bagi pemilik saham yang bisa diperoleh ketika sudah menjual saham tersebut. Bahasa gampangnya, kita menjual saham diatas harga beli ketika harga saham tersebut naik. Sebagai contoh seseorang membeli saham TLKM 20 Lot (2000 lembar) diharga Rp 3000, ketika dimiliki beberapa hari harga saham tersebut naik mejadi Rp 4000. Artinya selisih kenaikan ini sebesar Rp 1000 ketika seseorang tersebut membeli saham ini. Ketika dia akan menjual saham ini diharga Rp 4000 , orang ini akan memperoleh keuntungan 2000 lembar saham yang dimiliki dikalikan Rp 1000, maka jumlah capital gain yang diperolehnya sebesar Rp 2.000.000

3. Mempunyai Hak Ikut Dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)

Rapat Umun Pemegang Saham (RUPS) adalah rapat yang dilakukan oleh manajemen perusahaan dengan para pemegang saham, dimana salah satu agenda yang dibahas adalah agenda pembagian dividen. Dalam RUPS ini semua pemegang saham mempunyai hak yang sama memberikan suara terhadap beberapa point agenda yang dibahas. Dalam RUPS ini kita akan melihat berbagai kalangan mulai dari kalangan Investor kelas kakap, artinya tidak ada perbedaan anda yang mempunyai saham tersebut walau hanya 1 Lot dengan orang lain 10.000 Lot, semua mempunyai hak yang sama hadir dan berkesempatan ikut dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tersebut.

Nah bagaimana pembaca ? Seru kan kalo kita membeli saham ! Kita akan memperoleh berbagai keuntungan dari pembelian saham seperti beberapa manfaat yang penulis jabarkan diatas…

Ayoo tunggu apa lagi, segeralah berinvestasi saham….!

Penulis : Oktommy P

www.panduaninvestasi.com – partner your investment

Tinggalkan komentar