Investasi Saham dan Bagaimana Caranya ?

panduaninvestasi.com- Pada zaman sekarang di era globalisasi dan kemajuan teknologi yang serba cepat, kita dituntut untuk melakukan diversifikasi dalam segala aspek termasuk dalam hal investasi untuk masa sekarang dan masa depan. Dalam hal ini penulis akan berbicara mengenai salah satu jenis investasi yang mungkin jarang kita dengar atau sebagian kalangan masyarakat, jenis investasi ini awam bagi mereka namun yang perlu penulis garis bawahi adalah investasi ini merupakan investasi yang aman, menguntungkan dan pastinya ada regulasi yang menjamin bahwa investasi ini sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan sebagai salah satu instrumen investasi yang terjaga keamanannya.

Jenis investasi yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah Investasi Saham. Mengapa penulis memilih instrumen investasi ini dan bagaimana cara agar bisa bertransaksi dalam instrumen investasi ini ? yuk mari kita bahas….!

Investasi saham merupakan jenis investasi yang berfondasikan pada kepemilikan pada sebuah perusahaan yang terdaftar/listing di Bursa Efek Indonesia. Bahasa gampangnya seseorang yang membeli saham atau melakukan investasi saham berarti orang tersebut membeli kepemilikan dari perusahaan tersebut sesuai dengan persentase kepemilikannya. Nah haruskah kita membeli saham yang terdaftar hanya di Bursa Efek Indonesia saja ? Sebagai bukti kepemilikan atas sebuah perusahaan, membeli saham tidak hanya terbatas pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia saja melainkan kita bisa membelinya di luar Bursa, tapi perlu diingat bahwa membeli saham di luar Bursa atau di luar yang tercatat di Bursa Efek Indonesia berarti kita membeli saham pada perusahaan yang tertutup alias berdasarkan perjanjian atau kesepakatan antara Pemilik Perusahaan dengan orang yang akan membeli saham perusahaan tersebut dan pembelian sahamnya pun tidak bisa dilakukan secara elektronik yang ada di Bursa melainkan secara perjanjian/kesepakatan.

Lalu bagaimana pembelian saham pada perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia ? Pembelian ini dilakukan secara elektronik atau bahasa kerennya secara scriptless artinya saham saham perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia adalah saham saham perusahaan yang sudah scriptless (elektronik) bukan lagi dalam bentuk warkat (kertas).

Lalu timbul lagi pertanyaan, Bagaimana cara membeli saham scriptless yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia ?

Pembelian saham perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia hanya bisa dilakukan melalui perantara Perusahaan Sekuritas/Broker. Perusahaan sekuritas ini merupakan jembatan penghubung antara Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan Calon Investor yang akan membeli sahamnya.

Hal pertama yang harus dilakukan oleh calon investor ini adalah membuka akun/rekening diperusahaan sekuritas. Dalam hal ini anda sebagai investor yang masih baru harus selektif memilih perusahaan sekuritas dan tentunya perusahaan sekuritas ini adalah perusahaan yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Anda bisa searching di google perusahaan sekuritas yang terdaftar di OJK agar anda tidak tertipu perusahaan sekuritas yang abal abal dan ilegal, hal ini merupakan keharusan sebagai langkah awal anda bertransaksi saham di Bursa Efek Indonesia.

Sekarang pembukaan akun/rekening saham bisa dilakukan dengan dua cara, Pertama anda sebagai calon investor bisa datang langsung ke kantor Pusat/cabang perusahaan sekuritas ini, nanti disana anda akan diberi informasi apa saja yang harus dipersiapkan untuk pembukaan akun saham ini, Kedua anda sebagai calon investor bisa mendaftar secara online untuk pembukaan rekening/akun saham ini (hanya beberapa perusahaan sekuritas) nanti setelah anda membuka website dari perusahaan sekuritas ini anda akan diarahkan dokumen apa saja yang harus dilengkapi untuk pembuatan akun saham ini.

Setelah anda mendaftar dan melengkapi dokumen yang diinformasikan oleh perusahan sekuritas ini, dalam beberapa hari kedepan (2-7 hari tergantung perusahaan sekuritasnya) anda akan mendapatkan email notifikasi berupa username, password, pin trading dan nomor rekening dana nasabah sebagai elemen dasar untuk bisa melakukan pembelian saham perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Saran penulis setelah anda mendapatkan notifikasi email tersebut, akan lebih baik anda mengganti password dan pin trading setelah anda login di aplikasi perusahaan sekuritas tersebut sebagai keamanan nantinya

Baiklah, sekian pembahasan singkat penulis mengenai tema pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan #salaminvestasi

Penulis : Oktommy P

www.panduaninvestasi.compartner your investment

Tinggalkan komentar